Rabu, 16 November 2011

8 Tips Optimalisasi Blog Terhadap Google Panda

Apakah kita sering melakukan beberapa trik seo yang instan untuk mendapatkan posisi blog yang bagus di SERP (Search Engine Result Page)? Atau apakah kita sering melakukan trik blogging yang tidak sehat hanya untuk mendapatkan tujuan tertentu yang semestinya tidak dilakukan oleh seorang blogger?


Jika kita sudah pernah dan terlanjur melakukannya, sebaiknya kita harus berpikir ulang dan memutuskan untuk berhenti sekarang juga dari kebiasaan buruk tersebut. Apa penyebabnya?

Pada bulan Februari lalu google telah resmi meluncurkan Google Panda, sebuah algoritma baru yang digunakan untuk pengindeksan halaman blog kita dan memunculkannya dalam SERP sesuai dengan keyword yang diharapkan.

Dampak dari kemunculan google panda ini sangat besar. Banyak blog yang mengalami perubahan posisi drastis di halaman hasil pencarian google karena perubahan algoritma yang dilakukan. Baik blog yang sehat maupun blog yang dioptimalisasi dengan cara yang tidak sehat, semua sama saja terkena imbasnya.

Karena alasan itu, jangan biarkan blog yang sudah kita buat dan kita rawat sejak dulu hancur seketika karena kita tidak memahami aturan main Google Panda dan cenderung untuk terus menerapkan trik optimalisasi blog yang tidak sehat.

Tips optimalisasi blogging terhadap google panda di bawah ini dapat menjadi rujukan bagi kita tentang bagaimana sikap yang harus kita terapkan dalam blogging agar mendapatkan hasil yang maksimal tanpa harus melanggar dan terkena sanksi dari google panda.

Memperlakukan blog layaknya manusia.

Ubahlah pemikiran kita terhadap blog yang kita miliki jika blog tersebut layak diperlakukan sebagai seorang manusia. Beberapa hal yang dapat kita lakukan seperti membuat blog yang simpel untuk diakses, memberikan fitur dan navigasi yang jelas kepada para pembaca dalam mengeksplorasi blog, dan tidak banyak memaksakan kinerja blog dengan optimalisasi yang tidak sehat.

Banyak sumber yang menyatakan jika robot google suka dengan blog yang dapat ditelusuri dengan mudah dalam rangka pengindeksan halaman. Hal ini dapat kita perjelas dengan memberikan desain blog yang simpel dan tidak terlalu kompleks.

Hindari duplikasi konten.

Baik dalam algoritma google panda yang sekarang maupun yang sebelumnya, duplikasi konten ini sangat tidak diperkenankan. Duplikasi konten di sini bukan berarti konten postingan blog yang sama dengan konten yang telah diterbitkan di blog lain atau hasil copy paste, tetapi lebih mengarah pada adanya kesamaan isi atau tema dan topik artikel dalam satu blog kita yang sama.

Kita punya dua artikel atau lebih dan semuanya isi berisi tentang penjelasan materi yang hampir sama, itulah yang dinamakan duplikasi konten. Kita dapat melakukan pengecekan terhadap kemungkinan adanya duplikasi konten dengan membandingkan URL postingan blog kita di situs webconfs.

Hapus konten berkualitas rendah agar kita memiliki konten berkualitas tinggi.

Dalam beberapa penjelasan yang dikemukakan oleh para ahli seo, sebaiknya kita menghapus konten yang berkualitas rendah untuk kemudian digabungkan materinya dengan konten yang berkualitas tinggi. Selain untuk menghindari adanya duplikasi konten, hal ini juga untuk mencegah melorotnya posisi blog kita di SERP akibat pengaruh konten yang berkualitas rendah.

Hindari pemasangan iklan yang berlebihan.

Siapa yang suka dengan tampilan iklan yang berlebihan dalam sebuah blog? Bagi pemilik blog, mungkin iya. Karena semakin banyak iklan yang ditampilkan maka semakin besar pula kesempatannya dalam memperoleh uang.

Tapi bagaimana dengan para pembaca kita?
Umumnya pembaca blog enggan untuk kembali berkunjung pada blog yang terlalu banyak dijejali iklan. Pembaca tidak bisa fokus membaca informasi dan terkesan ribet karena banyaknya tampilan iklan tersebut.

Hal ini juga berakibat buruk terhadap google panda. Seperti halnya sifat manusia pada umumnya, google panda juga tidak suka dengan tampilan iklan yang berlebihan. Robot google akan mengindeks iklan yang tampil di blog kita sebagai bagian blog dan diberikan backlink yang mengarah pada link iklan tersebut. Akibatnya, posisi blog kita di SERP menjadi turun.

Blog yang terlalu banyak iklan juga memiliki efek buruk di mana proses loadingnya akan memakan waktu yang lebih lama.

Kredibilitas sebuah blog.

Kredibilitas sebuah blog juga menjadi faktor penentu penilaian google panda terhadap blog kita. Kredibilitas ini dilihat dari apakah informasi yang disampaikan oleh blog tersebut terpercaya kebenarannya atau asal-asalan? Kita juga dapat mengeceknya dari latar belakang penulis, sumber materi yang digunakan, dan respon pembaca lainnya terhadap blog tersebut.

Sehingga, pada hasil akhirnya nanti akan didapat sebuah kesimpulan apakah blog kita ini layak direkomendasikan oleh pembaca kepada teman-temannya atau tidak. Apakah blog kita ini kebenaran materinya valid atau tidak.

Penggunaan tata bahasa yang benar.

Penggunaan tata bahasa yang baik sangat dianjurkan oleh google panda. Akan tetapi, hal ini tidak serta merta blogging menggunakan bahasa gaul yang terkesan 4Lay itu dilarang. Ini bersifat hanya anjuran semata. Seperti yang dikemukakan oleh Matt Cutts, seorang ahli seo senior sekaligus sebagai anggota the Search Quality group di Google dalam tampilan videonya di bawah ini.


Ada pernyataan, “We noticed a while ago that, if you look at the PageRank of a page — how reputable we think a particular page or site is — the ability to spell correlates relatively well with that. So, the reputable sites tend to spell better and the sites that are lower PageRank, or very low PageRank, tend not to spell as well.”

Dari pernyataan tersebut terlihat jika situs dengan pagerank tinggi memiliki kebiasaan untuk menampilkan materi kontennya dengan tata bahasa ejaan yang baik, sementara situs berpagerank rendah sebaliknya.

Fokus pada satu topik pembahasan.

Jika memungkinkan, buatlah blog yang membahas pada satu topik materi saja. Dengan pembahasan yang spesifik akan memberikan banyak keuntungan bagi blog kita. Blog kita menjadi rujukan yang terpercaya karena asumsi pembaca kita bahwa kita adalah ahli di bidangnya.

Selain itu, dengan adanya pembahasan yang spesifik juga akan membuat setiap konten blog kita menjadi berkualitas karena pembahasannya yang lebih detail dan lengkap. Seperti poin sebelumnya, google panda sangat menyukai blog yang memiliki konten yang berkualitas tinggi.

Buatlah konten yang unik dan original.

Konten yang unik adalah konten yang hanya bisa ditemukan dalam blog kita dan jarang ditemukan di dalam blog lainnya. Sedangkan konten original adalah konten yang kita buat sendiri secara langsung dan asli bukan bajakan dari blog lainnya.

Konten yang unik dan original ini sangat bermanfaat bagi blog kita. Di mata google sebagai search engine, konten yang unik dan original menandakan jika blog tersebut adalah blog potensial yang memiliki kualitas yang baik. Sedangkan di mata pembaca, blog dengan konten yang unik dan original mampu memikat hati pembacanya sehingga mampu menjadikan mereka sebagai pengunjung setia blog kita.

Pada dasarnya google panda itu menguntungkan bagi kita, karena menghadirkan aktifitas blogging yang sehat tanpa trik kotor yang mencederai dunia blogging itu sendiri. Sehingga, apabila kita mendapatkan banyak keuntungan dan terhindar dari kerugian akibat munculnya google panda ini maka blogginglah denga cara yang baik. Segala sesuatu yang dikerjakan dengan cara yang baik, pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Hindarilah kecurangan untuk kepentingan kecil sesaat, tetapi berpikirlah untuk menggunakan kesempatan blogging dengan berkreasi dan berbagi demi kepentingan yang lebih besar di masa depan. Bangun kredibilitas blog yang baik. Jika usaha baik sudah banyak kita lakukan, maka hasil yang baik pula akan selalu mengikuti kita di belakangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar